Cuteki christmas cards

Minggu, 04 Juni 2017

Standar Audit dan Akuntansi Internasional

Securities and Exchanges Commission (SEC)
            SEC adalah lembaga pemerintah federal yang mengelola antara lain Securities Act 1993, Securities Exchanges Act 1934, dan Sarbanes-Oxley Act 2002. Securities Act 1993 mengatur pengungkapan informasi material dalam laporan registrasi untuk penawaran perdana sekuritas ke publik. Formulir S, digunakan untuk menerbitkan sekuritas, terdiri atas laporan keuangan auditan dari pendaftar. Securities Exchanges Act 1934 mengatur laporan berjalan perusahaan yang sekuritasnya terdaftar dan diperdagangkan di bursa efek atau yang memiliki aset lebih dari $1 juta dan sekuritas ekuitas yang dimiliki oleh 500 orang atau lebih. Dokumen yang paling umum dihadapi oleh auditor berdasarkan Securities Act 1993 adalah 10K, 10Q, dan 8K. 10K dan 10Q adalah laporan tahunan dan triwulanan meliputi laporan keuangan diajukan pada SEC oleh perusahaan publik. 8K diajukan setiap kali suatu peristiwa terjadi dan mungkin menarik bagi investor (seperti penjualan divisi atau perubahan auditor).
            Karena SEC memiliki tanggung jawab dan wewenang untuk mengawasi pembentukan standar akuntansi dan auditing, FASB, ASB, dan PCAOB bekerja sama dengan SEC ketika merumuskan standar tersebut.

Public Company Accounting Oversight Board (PCAOB)
            PCAOB menggambarkan dirinya sebagai “perusahaan nirlaba yang didirikan oleh Kongres untuk mengawasi audit perusahaan publik untuk melindungi investor dan kepentingan umum dengan mendorong laporan audit yang informatif, akurat, dan mandiri.” Dewan adalah perusahaan nirlaba, dalam kenyataan ia merupakan badan pengawas semi pemerintah yang diawasi oleh SEC. Sarbanes-Oxley Act 2002 pada dasarnya mentransfer wewenang penetapan standar, examination, penyidikan, dan penegakan untuk audit perusahaan publik dari profesi (seperti diwakili oleh AICPA) ke PCAOB. Semua perusahaan akuntan publik yang menyediakan audit untuk perusahaan publik diharuskan untuk mendaftar dengan membayar sejumlah biaya dan mengikuti aturan dan standar dari PCAOB . hingga Februari 2011, dewan telah menyetujui pendaftaran hampir 2.400 kantor akuntan publik.
            PCAOB melakukan program examination secara rutin untuk menilai derajat kepatuhan perusahaan akuntan publik terdaftar dengan aturan SOX, PCAOB, dan SEC, dan standar profesional. PCAOB juga memiliki wewenang disipliner dan investigasi luas terhadap perusahaan audit terdaftar. PCAOB tidak memiliki kewewenangan untuk menetapkan standar yang berkaitan dengan audit dari entitas yang bukan perusahaan publik.
            PCAOB dapat menjatuhkan sanksi untuk mencegah kemungkinan terulangnya pelanggaran aturan dan untuk meningkatkan kualitas dan keandalan audit di masa yang akan datang. Sanksi dapat berupa pencabutan pendaftaran perusahaan atau membatasi individual tertentu untuk berpartisipasi dalam audit perusahaan publik hingga denda uang dan persyaratan untuk tindakan perbaikan.

American Institute of Certified Public Accountants (AICPA)
            AICPA adalah sebuah asosiasi profesional swasta uang terdiri lebih dari 370.000 CPA di 128 negara. Ia melakukan sejumlah fungsi yang secara langsung menunjang kegiatan anggota CPA. Yang paling penting dari fungsi ini adalah pengumuman aturan dan standar yang memandu audit dan layanan terkait yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan nonpublik, entitas pemerintah seperti negara bagian, kabupaten, kota dan distrik sekolah, dan entitas lain seperti perguruan tinggi dan badan amal.
            Selain peran untuk penetapan standar tersebut, AICPA mendukung penelitian akuntansi dan audit yang menghasilkan sejumlah publikasi penting, dan memberikan berbagai program pendidikan berkelanjutan. Sebagai contoh, AICPA menerbitkan Journal of Accountancy, The Tax Advisor, berbagai Monograf Riset Audit, Penerbitan Praktik Audit, dan Panduan Audit dan Akuntansi Industri. AICPA bertanggung jawab untuk mempersiapkan dan menilai ujian CPA yang seragam dan memainkan peran penting dalam mengelola sertifikasi CPA dalam hubungannya dengan masing-masing Dewan Akuntansi Negara Bagian.

Financial Accounting Standards Board (FASB)
            FASB adalah badan yang didanai swasta yang memiliki misi untuk menetapkan standar akuntansi keuangan dan pelaporan. Kodifikasi Standar Akuntansi FASB (Kodifikasi atau ASC) diakui sebagai sumber GAAP Amerika Serikat oleh SEC, PCAOB, dan AICPA.
            Sebuah kelompok yang penting dalam FASB adalah Emerging Issues Task Force (EITF). EITF didirikan oleh FASB untuk memenuhi kebutuhan akuntan untuk panduan waktu mengenai praktik akuntansi dan metode dan untuk membatasi jumlah isu-isu yang memerlukan pernyataan resmi dari FASB. Lihat situs FASB (www.fasb.org) untuk informasi lebih lanjut tentang kegiatan FASB.

International Auditing and Assurance Standards Board (IAASB)
            IAASB disponsori dan didanai oleh International Federation of Accountants (IFAC), yang menggambarkan dirinya sebagai “organisasi global untuk profesi akuntansi”. IFAC didirikan pada 1977 dan berbasis di kota New York. Selain IAASB, organisasi IFAC yang independen mewadahi dewan-dewan penyusun standar yang mengembangkan standar internasional tentang etika, pendidikan, dan standar akuntansi sektor publik. IAASB yang organisasi pendahulunya didirikan pada 1978, direorganisasikan dan berganti nama menjadi bentuk yang sekarang pada 2002, kira-kira pada saat Sarbanes-Oxley Act disahkan di Amerika Serikat. IAASB mengeluarkan International Standards on Auditing (ISA) dan terutama merupakan pembuat standar audit internasional yang diakui di luar Amerika Serikat. Standar audit internasional dan Amerika Serikat sedang dalam proses konvergensi sampai batas tertentu.

International Accounting Standards Board (IASB)
            IASB adalah mitra internasional untuk FASB. Standar IASB adalah standar akuntansi yang dominan di luar Amerika Serikat. IASB bertanggung jawab untuk pengembangan dan publikasi dari International Financial Reporting Standards (IFRS), dan untuk menyetuji interprestasi IFRS. IASB ini disponsori dan didanai oleh Yayasan IFRS independen yang merupakan organisasi sektor swasta nirlaba.

Sepuluh Standar Audit Berlaku Umum
            ASB awalnya mengeluarkan apa yang dikenal dengan 10 standar auditing yang berlaku umum (Generally Accepted Auditing Standards – GAAS) pada 1947 dan secara berkala memodifikasi standar-standar tersebut untuk mencerminkan perubahan-perubahan dalam ruang lingkup auditor. PCAOB mengadopsi standar ini dan merujuknya, bersama-sama dengan standar sendiri, sebagai “Standar PCAOB”. Standar audit berlaku umum terdiri atas tiga kategori standar, yaitu standar umum, standar lapangan kerja, dan standar pelaporan. Tabel berikut berisi 10 standar auditing berlaku umum karena mereka saat ini muncul dalam standar PCAOB.
Standar Audit Berlaku Umum (PCAOB)
Standar Audit Umum
1.     Audit akan dilakukan oleh seseorang atau beberapa orang yang memiliki pelatihan teknis yang memadai dan keahlian sebagai auditor.
2.     Dalam semua hal yang berhubungan dengan penugasan, independensi dalam sikap mental harus dipertahankan oleh auditor.
3.     Kecermatan profesional dilakukan dalam pelaksanaan audit dan penyusunan laporan.
Standar Pekerjaan Lapangan
1.     Pekerjaan ini direncanakan secara memadai dan jika ada asisten harus diawasi dengan semestinya.
2.     Pemahaman pengendalian internal yang cukup harus diperoleh untuk merencanakan audit dan menentukan sifat, saat, dan lingkup pengujian yang akan dilakukan.
3.     Bukti audit yang cukup dan tepat harus diperoleh melalui inspeksi, pengamatan, permintaan keterangan, dan konfirmasi sebagai dasar yang memadai untuk opini atas laporan keuangan yang di audit.
Standar Pelaporan
1.     Laporan harus menyatakan apakah laporan keuangan disajikan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum.
2.     Laporan harus mengidentifikasi situasi di mana prinsip-prinsip tersebut tidak diterapkan secara konsisten pada periode berjalan dalam hubungannya dengan periode sebelumnya.
3.     Pengungkapan informatif dalam laporan keuangan harus dianggap cukup memadai kecuali dinyatakan lain dalam laporan.
4.     Laporan tersebut harus memuat pernyataan pendapat atas laporan keuangan secara keseluruhan, atau asersi yang berdampak pada tidak dapat menyatakan pendapat. Ketika pendapat keseluruhan tidak dapat dinyatakan, alasannya harus dinyatakan. Dalam semua kasus di mana nama auditor dikaitkan dengan laporan keuangan, laporan harus memuat petunjuk yang jelas mengenai sifat pekerjaan auditor, jika ada, dan tingkat tanggung jawab yang dipikul auditor,

Prinsip-Prinsip yang Mendasari Audit Dilakukan Sesuai Standar Audit Berlaku Umum
A.   Tujuan Audit dan Premise atas nama suatu Audit Dilakukan
1.     Tujuan audit adalah untuk memberikan nama pengguna laporan keuangan opini oleh auditor mengenai apakah laporan keuangan disajikan secara wajar, dalam semua hal yang material, sesuai dengan kerangka kerja pelaporan keuangan yang berlaku. Pendapat auditor meningkatkan derajat kepercayaan calon pengguna dalam menggunakan laporan keuangan.
2.     Suatu audit sesuai dengan standar audit berlaku umum dilakukan atas alasan manajemen bertanggung jawab atas tata kelola yang menjadi tanggung jawabnya.
a.     Untuk penyusuan dan penyajian wajar laporan keuangan sesuai dengan kerangka pelaporan keuangan yang berlaku; termasuk di dalamnya desain, implementasi, dan pemeliharaan pengendalian internal yang relevan dengan penyusunan dan penyajian wajar laporan keuangan yang bebas dari salah saji material, baik karena kecurangan atau kesalahan, dan;
b.    Untuk menyediakan auditor dengan;
i.              Semua informasi, seperti catatan, dokumentasi, dan hal-hal lain yang relevan dengan penyusunan dan penyajian wajar laporan keuangan;
ii.             Informasi tambahan yang dapat diminta auditor dari manajemen dan, bila perlu, mereka yang berhubungan dengan pemerintahan, dan;
iii.           Akses tidak terbatas untuk orang-orang dalam entitas dari siapa auditor menentukan perlu untuk memperoleh bukti audit.

B.    Tanggung Jawab
Auditor bertanggung jawab untuk memiliki kompetensi dan kemampuan yang sesuai untuk melaksanakan audit; mematuhi ketentuan etika yang relevan, serta mempertahankan skeptisisme profesional dan menggunakan pertimbangan profesional atas seluruh perencanaan dan pelaksanaan audit.

C.    Kinerja
1.     Untuk menyatakan pendapat, auditor memperoleh keyakinan memadai bahwa laporan keuangan secara keseluruhan bebas dari salah saji material, baik karena kecurangan atau kesalahan.
2.     Untuk memperoleh keyakinan memadai, dengan tingkat keyakinan tinggi, namun tidak mutlak, auditor;
a.     Merencanakan pekerjaan dan melakukan supervisi pada setiap asisten secara tepat,
b.    Menentukan dan menerapkan tingkat materialitas yang sesuai selama audit,
c.     Mengidentifikasi dan menilai risiko salah saji material, apa karena kecurangan atau kesalahan, berdasarkan pemahaman mengenai entitas dan ruang lingkupnya, juga meliputi pengendalian internal entitas, dan
d.    Memperoleh cukup bukti audit yang tepat tentang apakah ada salah saji material dengan merancang dan menerapkan tanggapan sesuai dengan risiko yang dinilai.
3.     Auditor tidak dapat memperoleh keyakinan absolut bahwa laporan keuangan bebas dari salah saji material karena keterbatasan melekat yang timbul dari,
a.     Sifat pelaporan keuangan,
b.    Sifat prosedur audit, dan
c.     Perlunya audit dilaksanakan dalam jangka waktu yang wajar dan sehingga mencapai keseimbangan antara manfaat dan biaya.

D.   Pelaporan

Berdasarkan evaluasi bukti audit yang diperoleh, auditor mengungkapkan dalam bentuk laporan tertulis berupa sebuah opini yang sesuai dengan temuan auditor, atau menyatakan bahwa pendapat tidak bisa diungkapkan. Pernyataan pendapat mengenai apakah laporan keuangan disajikan wajar dalam semua hal yang material sesuai dengan kerangka pelaporan keuangan yang berlaku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar